Penulis / NIM
IRNAWATI PULUHULAWA / 221415101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Abstrak
Irnawati Puluhulawa, 2019 âmeningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran Melalui Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy Di Kelas VII3 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gorontaloâ. Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan,Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dr.Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd, Selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc, Selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa tentang materi yang diajarkan khususnya pada mata pelajaran PPKn di kelas VII3 SMP Negeri 2 Gorontalo. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah Model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy dimana hal ini penulis menggambarkan kegiatan atau aktivitas pembelajaran PPKn yakni dengan menggunakan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa di peroleh yakni yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 7 orang siswa atau 20%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan 2 Meningkat menjadi 29 orang siswa atau 82,85%. dan ini sudah dinyatakan tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di kelas VII3 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gorontalo
Kata Kunci: Aktivitas Belajar PPKn, Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy
Download berkas