Penulis / NIM
WAHYUNI AUNE / 221415104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
ABSTRAK
WAHYUNI AUNE. 221 415 105. âMeningkatkan Hasil Belajara Siswa Melalui Model Pembelajaran Point Counter Point Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas VII4 SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolangoâ. Skripsi. Pembimbing I Prof. Drs. Welly Pangayow, M.Si, Ph.D. Pembimbing II Roni Lukum, S.Pd, M.Sc. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran point counter point dikelas VII4 SMP Negeri 1 Tilongkabila.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi langsung kepada guru mata pelajaran, dan melakukan evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data hasil analisis menggunakan analisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa di peroleh yakni yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 4orang siswa atau 13,3% setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan 2 meningkat menjadi 24 orang siswa atau 80% dan ini sudah dinyatakan Tuntas.
Kata Kunci : Hasil Belajar PPKn, Model Pembelajaran Point Counter Point
Download berkas