SKRIPSI

Penulis / NIM
RENDI MOODUTO / 221415106
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK RENDI MOODUTO. 2019 âMeningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Fish Bowl Pada Pembelajaran PPKn Di Kelas X IPA1 SMA Negeri 2 Gorontalo.â Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Unuversitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di Kelas X IPA1 SMA Negeri 2 Gorontalo. Adapun yang menjadi Tujuan Penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui seberapa banyak kreativitas siswa menggunakan model pembelajaran Fish Bowl. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peserta didik, guru, sekolah, dan peneliti. Adapun subjek penelitian tindakan kelas adalah Kelas X IPA1 SMA Negeri 2 Gorontalo yang terdaftar pada tahun 2019/2020. Jumlah yang menjadi subjek tindakan kelas sebanyak 36 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Tehnik pengolahan dan analisis data itu menggunakan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75 dan indikator ketuntasan klasikal adalah 75% dari jumlah siswa. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh dari siklus satu pertemuan satu terdapat 21 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 58% dari ketuntasan yang telah ditetapkan, pada siklus 1 pertemuan 2 terdapat 29 siswa yang nilai mencapai KKM ketuntasan klasikal kelas adalah 80% dari ketuntasan Klasikal yang telah ditetapkan. Hasil pengamatan guru di dalam kelas pada siklus I pertemuan I dengan menerapkan model pembelajaran Fish Bowl menunjukan bahwa kelas X IPA1 SMA Negeri 2 Gorontalo Kemampuan Guru Dalam melaksanakan Proses Pembelajaran mencapai 58% dan Pada Pertemuan 2 Mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Fish Bowl dapat meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di kelas X IPA1 SMA Negeri 2 Gorontalo. Kata Kunci : Kreativitas Belajar, Model Pembelajaran Fish Bowl
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011