SKRIPSI

Penulis / NIM
HERTIN DJOU / 221415110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK HertinDjou, NIM : 221415110, Judul Skripsi "Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pemahaman Guru Terhadap Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 1 Biau Kab. Gorontalo Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Biau Kab. Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi teknik analisisdata yang digunakan adalah dengan cara reduksi, display dan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan pertama, peran kepala sekolah dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Biau, kepala sekolah sebagai supervisior bertujuan membina guru disetiap kegiatan belajar mengajar ataupun kegiatan organisasi. Kepala sekolah sebagai motivator, kepala sekolah terus memberikan motivasi kepada guru agar mereka dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik bias bersinergi. Kepala sekolah sebagai innovator harus menjalani hubungan yang harmonis dengan lingkungan, memberikan teladan kepada seluruh tenaga kependidikan. Kedua, faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Biau yaitu: kurangnya melakukan Bimtek, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya program pendamping, kurangnya pembekalan lanjutan dan kurangnya melakukan MGMP. Semua kegiatan yang diadakan oleh pemerintah tidak dapat terealisasikan dengan baik, sehingganya masih banyak guru yang kurang memahami kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Biau ini masih kurang, dikarenakan masih banyak guru-guru yang mengeluh dan kurang memahami kurikulum 2013. Serta banyak program yang disediakan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 tidak berjalan dengan baik dan hanya guru tertentu yang ikut dalam pelatihan. Sehingganya program pelatihan ini tidak merata keseluruh guru. Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Pemahaman, Kurikulum 2013
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011