Penulis / NIM
RISMAWATI HAMID / 221416004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 9990393181
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengimplementasi nilai pancasila sila Persatuan Indonesia pada Siswa.Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengimplementasi nilai pancasila sila Persatuan Indonesia pada Siswa di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengimplementasi nilai pancasila sila Persatuan Indonesia pada Siswa di SMP Negeri 1 Kota Gorontaloberdasarkan karakteritik siswa yang berbeda latar belakang agam, suku dan lain sebagainya biasanya dalam bentuk Saling menghargai, saling menghormati, peduli dan tanggung jawab dalm mencipatkan kesatuan dan persatuan di lingkungan sekolah. Menerapkan nilai-nilai sila Persatuan Indonesia yakni dengan menghormati dan menghargai antar agama dengan tidak membeda-bedakan siswa dari latar belakang keyakinannya.Siswa SMPN 1 Kota Gorontalo sudah memiliki pemahaman yang baik tentang sila Persatuan Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengimplementasi nilai pancasila sila Persatuan Indonesia pada Siswa di SMP Negeri 1 Kota GorontaloAdanya faktor lingkungan tempat tinggal anak yang kurang mendukung dalam mengimplementasi nilai pancasila sila Persatuan Indonesia. Minimnya waktu yang tersedia untuk pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Faktor pendukung yaitu kondisi suasana kelas serta melalui jalur orang tua, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mengadakan tukar informasi dengan orang tua tentang tingkat perkembangan belajar siswa.
Kata Kunci :Peran Guru PPKn, Nilai pancasila sila Persatuan Indonesia
Download berkas