Penulis / NIM
DICKY CAHYA S. MOKOGINTA / 221416014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RAMLI MAHMUD, S.Pd, M.A / 0903058201
Abstrak
ABSTRAK
Dicky Cahya S. Mokoginta. 2021. Dampak Game Online Terhadap Perilaku Sosial Remaja Di Kelurahan Upai Kecamatan Kotamobagu Utara. Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing I Dr. Lucyane Djaafar, S.H, M.Pa, Pembimbing II Ramli Mahmud, S.Pd, MA.
Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi memberikan banyak Penawaran menarik, Khususnya bagi para remaja masa kini. tidak sedikit remaja yang sering menggunakan Internet sebagai sarana hiburan, salah satunya yaitu Game Online. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk Menjelaskan Dampak Yang Ditimbulkan Dari Kecanduan Bermain Game Online Terhadap Perilaku Sosial Remaja Di Kelurahan Upai Kecamatan Kotamobagu Utara 2) Untuk Menjelaskan Faktor-Faktor Apakah Dalam Permainan Game Online Yang Dapat Mempengaruhi Para Remaja Di Kelurahan Upai Kecamatan Kotamobagu Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dengan demikian peneliti berperan sebagai instrument utama yang terlibat secara langsung dalam mengumpulkan data melalui teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : Dari 15 Remaja yang terbiasa dengan Game Online, Teradapat (12) remaja yang mengalami kecanduan dengan Game Online. Peneliti memperoleh 2 (dua) dampak yang ditimbulkan oleh remaja dalam kecanduan game online, yaitu : 1) Dampak positif 2) Dampak negatif. Selain dampak yang ditimbulkan dari permainan game online, Tentunya terdapat faktor yang menuyebabkan remaja menjadi kecanduan, yaitu : 1) Faktor Keluarga 2) Faktor Lingkungan.
Dampak yang ditimbulkan akibat game online terhadap remaja tentunya sangat luar biasa. Oleh sebab itu, kontrol penuh harus dilakukan oleh orang tua, pemerintah terkait dengan kelompok sosial lainnya termasuk pihak sekolah demi menjaga agar remaja tidak terjebak dengan game online.
Kata Kunci : Dampak Game Online, Perilaku Sosial, Remaja.
Download berkas