Penulis / NIM
AMNA WALANGADI / 221416022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Amna Walangadi, 2020. Peran Lingkungan Masyarkatat Tterhadap Tingkat Pendidikan Anak di Desa Motilango Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing I Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si, Pembimbing II Rasid Yunus S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat anak dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang disebabkan oleh peran lingkungan masyarakat yang belum optimal dan lingkungan masyarakat yang kurang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh bahwa (1) lingkungan masyarakat di desa Motilango jika dilihat dari beberapa indikator yaitu afektifitas, orietasi kolektif dan askripsi. Hubungan masyarakat dikatakan baik karena masyarakat desa Motilango saling bekerja sama untuk membangun desa, saling membantu masyarakat yang terkena musibah, akan tetapi jika dilihat dari kebiasaan masyarakat yaitu mngonsumsi minuman keras sehingga menyebabkan perkelahian. (2) Peran lingkungan masyarakat masih kurang atau belum optimal dalam meningkatkan tingkat pendidikan anak ke perguruan tinggi dikarenakan pemikiran masyarakat tentang pendidikan perguruan tinggi tidak penting, lingkungan teman sebanya anak yang telah banyak bekerja, kurangnya pengawasan masyarakat terhadap pendidikan anak, ekonomi orang tua dan jarak antara desa Motilango dengan Perguruan tinggi.
Kesimpulan dari Penelitian ini adalah kondisi lingkungan masayarakat desa Motilango cukup baik apabila dilihat dari hubungan antara sesama masyarakat akan tetapi kebaiasaan buruk masyarakat masih belum bisa dihilangkan. Peran Lingkungan masyarakat belum optimal dalam meningkatkan tingkat pendidikan anak karena pemikiran masyarakat mengenai tidak pentingnya pendidikan perguruan tinggi, lingkungan teman sebaya anak yang kurang baik serta ekonomi masyarakat.
Kata Kunci : Peran Lingkungan, Masyarakat, Pendidikan Anak
Download berkas