Penulis / NIM
SOFYANTI ULAMA / 221416024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 9990393181
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK
Sofyanti Ulama, Nim: 221 416 024. Dampak Kedisiplinan Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Suwawa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo (2020). Selaku Pembimbing 1 Ibu Hj. Maisara Sunge, S.H., M.H, dan selaku Pembimbing II Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kedisiplinan belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas IX SMP Negeri 2 Suwawa. Disiplin belajar merupakan disiplin diri yang menjadi prasyarat utama untuk mencapai keberhasilan belajar, adapun indikator-indikator dari kedisiplinan belajar yaitu: 1) disiplin dalam masuk sekolah, 2) disiplin dalam mengikuti pelajaran di sekolah, 3) disiplin dalam mengerjakan tugas, 4) disiplin belajar di rumah, 5) disiplin dalam menaati tata tertib di sekolah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang bertujuan untuk menganalisis informasi yang diperoleh peneliti ketika telah selesai melakukan observasi awal di lapangan, pada saat pengumpulan data melalui wawancara dengan informan, dan dokumentasi data-data yang dibutuhkan. Selanjutnya data yang diperoleh dijadikan hasil penelitian dalam bentuk skripsi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh, maka hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: mengenai tingkat kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah cukup baik, tapi masih harus lebih ditingkatkan lagi terutama dalam hal memperhatikan materi pada saat guru sedang menjelaskan, kemudian mengenai hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah cukup baik, tapi masih harus lebih ditingkatkan lagi sampai tidak ada lagi siswa yang melakukan remedial mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, selanjutnya dampak kedisiplinan belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan cukup baik dan positif apabila siswa tersebut memiliki tingkat kedisiplinan belajar yang baik, yang nantinya akan berdampak baik pula pada hasil belajarnya, dan bagi siswa yang kurang disiplin belajar maka akan berdampak pada hasil belajar yang kurang, oleh sebab itu diharapkan agar seluruh siswa memiliki tingkat kedisiplinan belajar yang baik.
Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar Siswa
Download berkas