SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMMAD IMAM SUJONO / 221416028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 9990393181
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK MOHAMMAD IMAM SUJONO. 2020. Program Studi3Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing satu Hj. Maisara Sunge, S.H., M.H dan pembimbing dua Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Penelitian ini mengambil permasalahan mengenai masih belum diketahui secara menyeluruh penanaman sikap3toleransi di kelas IX SMP Negeri 1 Gorontalo yang dilakukan oleh guru pendidikan kewarganegaraan (PKn). Penelitian mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan1bagaimana peran guru PKn dalam menanamkan sikap toleransi di kelas IX SMP Negeri 1 Gorontalo Jenis peneitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yang dipilih secara purposive yaitu guru PKn dan beberapa siswa-siswi kelas IX. Teknik mengumpulan data yang dipakai adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi,, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperleh dianalisis melalui tiga tahapan yaitu dengan mereduksi, menyajikan, dan memverifikasi data atau penarikan kesimpulan data yang tadi telah dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan yang diperoleh menunjukan bahwa: (1) guru pendidikan kewarganegaraan (PKn) di SMP Negeri 1 Gorontalo dalam melaksanakan tugasnya yaitu sebagai tenaga pendidik telah menanamkan sikap toleransi kepada para siswa. Dalam upaya implementasi penanaman sikap toleransi oleh guru PKn dilakukan melalui aspek menagajarkan dan membiasakan kepada siswa untuk, menerima orang lain yang berbeda agama. fisik, atau ras, dilakukan dengan cara mengajarkan tentang pentingnya arti sebuah keberagaman dan membiasakan untuk saling menerima perbedaan di antara mereka. Kemudian,. Selain itu, membiasakan siswa mendengarkan guru ketika memberikan pelajaran merupakan penanaman sikap toleransi berkaitan dengan mendengarkan orang lain ketika berbicara. Selanjutnya tidak membicarakan keburukan orang lai dilakukan dengan cara memberikan pengertian untuk saling menerima kelebihan dan kekurangan semua siswa. Guru PKn juga mengajarkan untuk berbicara dengan sopan santun baik dengan guru maupun siswa. Terakhir, guru menanamkan sikap toleransi dalam hal tidak mengganggu orang lain ketika beribadah dengan cara menghimbau untu saling menghargai ketika siswa lain beribadah dan memberikan ketenangan kepada mereka. (2) di dalam pelaksanaanya, guru PKn mendapati kendala-kendala dalam proses penanaman sikap toleransi. Beberapa kendala yang dialami guru berupa kesulitan untuk menanamkan sikap toleransi kepada siswa yang susah untuk diatur. Kata Kunci: Peran, Guru PKn, Sikap Toleransi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011