Penulis / NIM
GEGI WIRANTO ANDUP / 221416069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian dalam Jurnal ini dilatarbelakangi oleh kurangnya disiplin siswa terhadap tata tertib sekolah sehingga diberlakukannya sanksi skorsing bagi siswa yang sudah melanggar batas agar menimbulkan efek jera terhadap siswa-siswi di SMA Negeri 1 Suwawa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas skorsing dalam memberi efek jera terhadap siswa yang melanggar tata tertib di SMANegeri 1 Suwawa. (2) Kendala-kendala apa saja yang ditemukan dalam pemberlakuan skorsing untuk memberi efek jera terhadap siswa yang melanggar tata tertib di SMA Negeri 1 Suwawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang diamati.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh menunjukan bahwa, Pemberlakuan skorsing semula tidak serta merta mendapatkan persetujuan dari semua pihak, ada pihak-pihak tertentu seperti siswa itu sendiri menolak akan pemberlakuan skorsing ini dengan beragam alasan, namun setelah diadakannya rapat bersama orang tua murid dan dipaparkannya dampak positif dari pemberlakuan skorsing ini, pada akhirnya skorsing ini ditetapkan dan dijalankan. Berdasarkan data yang diperoleh terhitung sejak tiga tahun terakhir jumlah kasus pelanggaran siswa mulai berkurang sebab hadirnya sanksi berupa skorsing untuk menimbulkan efek jera terhadap siswa di SMA Negeri 1 Suwawa.Kesimpulan dari Penelitian ini adalah diberlakukannya skorsing di SMA Negeri 1 Suwawa sangat efektif hal ini dibuktikan dengan presentase data dalam grafik perbandingan jumlah kasus dari 2017, 2018, dan 2019, meski terdapat beberapa kendala diantaranya adalah penolakan dari beberapa siswa dan orang tua murid serta pro dan kontra dari beberapa guru. Namun, dengan adanya komunikasi yang baik maka pemberlakuan skrosing ini pada akhirnya disepakati dan dijalankan sampai dengan sekarang.
Kata Kunci: Efektifitas, Skorsing, Efek jera, Siswa, Tata Tertib.
Download berkas