SKRIPSI

Penulis / NIM
NURHALISA BAHUTALA / 221416078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK Nurhalisa Bahutala (NIM : 221 416 078). 2020. ��Ã..."Upaya Guru Dalam Proses Remedial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Akhairat Molosipat Kecamatan Popayato Barat Kabupaten Pohuwato��. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Asmun W Wantu, M.Pd dan Pembimbing II Rasid Yunus, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam Proses Remedial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-khairat Molosipat dan untuk mengetahui kendala guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam memberikan remedial untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriftif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan melalui pengaturan data secara logis dan sistematis, dan analisis data dilakukan sejak awal peneliti ke lokasi penelitian hingga pada akhir penelitian (pengumpulan data). Hasil Penelitian menunjukan bahwa, upaya Guru Penddidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairat Molosipat yaitu dengan melaksanakan upaya melakukan pengulangan bahan ajar, pemberian Tugas serta Memberikan perhatian yang lebih kepada siswa agar siswa termotivasi dan memiliki semangat dalam mengikuti proses remedial. tetapi dalam melaksanakan upaya Guru dalam proses remedial masih menemui kendala yakni ada beberapa siswa yang tidak mengikuti proses remedial dimana kurang minatnya Siswa dalam mengikuti remedial yang diberikan guru disebakan kondisi siswa yang rumah dan sekolah bejauhan sehingga mempengaruhi minatnya. Proses remedial untuk meningkatkan hasil belajar siswa sudah dilaksanakan dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa upaya yang dilakukan oleh guru dalam proses remedial sudah baik, hal ini dengan melakukan pengulangan bahan ajar, pemberian tugas resume, dan memberikan perhatian yang lebih kepada siswa. Akan tetapi dalam hal ini guru menemui kendala yakni beberapa siswa tidak mengikuti program remedial dikarenakan jarak dari rumah ke sekolah jauh, dan siswa dalam memahami materi masih kurang. Kata Kunci : Guru PPKn, Remedial, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011