Penulis / NIM
GOMMY PAPUTUNGAN / 221416079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RAMLI MAHMUD, S.Pd, M.A / 0903058201
Abstrak
ABSTRAK
Gommy Paputungan, 221416079, 2020. Marketing Politik Harijanto Mamangkey Dalam Pemenangan Pemilihan Umum Tahun 2019 Di Desa Dulupi. Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing I Dr. Udin Hamim, S.Pd, SH, M.Si. Pembimbing II Ramli Mahmud, S.Pd, MA. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui bagaimana Marketing politik Harijanto Mamangkey dalam pemenangan pemilihan umum legislatif tahun 2019 di Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo serta factor yang mendorong evektivitas marketing politik Harijanto Mamangkey dalam pemilu legislative tahun 2019 di Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Adapun yang menjadi metode dalam penelitian menggunakan kualitatif dangan pendekatan fenomenologis.
Hasil penelitian menunjukan terdapat empat strategi marketing politik yang dilakukan oleh Harijanto Mamangkey pada pemilu 2019 diantaranya. 1) produk kandidat tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di kecamatan Dulupi dalam kehidupan sehari-hari. 2) promosi melalui alat peraga kampaye, tingkat pengenalan yang dilakukan oleh kandidat melalui baliho, stiker dan media sosial efektif dalam mempromosikan calon. 3) harga modal sosial dan memiliki modal ekonomi yang mampu sebagai pengusaha jagung membuat clon tersebut terterima dengan baik dalam masyarakat pemilih dan yang ke 4) penempatan ( place) keberadaanya yang bersahaja dan penuh kesederhanaan membuat Harijanto Mamangkey terterima disetiap lapisan masyarakat. Atas produk marketing tersebut, terdapat faktor yang mendukung strategi marketing politik lewat prevoremence dan rekam jejak kandidat.
Keywords: Politik Marketing, Harijanto Mamangkey, General Election
Download berkas