Penulis / NIM
HERMITA LESTIAWATI GILALOM / 221417006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 9990393181
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK
Hermita Gilalom. ����¯�¿�½�..."Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII di Era Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Lolayan, Kec. Lolayan Kab. Bolaang MongondowÃ���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã��Ã�ÂÂ. Skripsi, Gorontalo: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ibu Hj. Maisara sunge, SH.MH (pembimbing 1) dan Dr.Zulaecha Ngiu, M.Pd (pembimbing II).
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PPKn dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di era pandemi covid-19 di SMP Negeri 2 Lolayan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskroptif.Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru PPKn, Siswa.pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk memperoleh informasi langsung dari kepala sekolah, guru PPKn, dan siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) pada proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Lolayan sudah berjalan dengan baik hal ini sesuai dengan kurikulum yang diterapkan. 2) Adapun peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di era pandemi covid-19 pertama, guru sebagai fasilitator, kedua, guru sebagai demonstrator, ketiga, guru sebagai supervisor, keempat, guru sebagai evaluator, kelima, guru sebagai motivator. 3) Adapun faktor penghambat guru dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu faktor internal yang meliputi kesehatan jasmani dan faktor eksternal yang meliputi lingkungan keluarga dan masyarakat.
Kata kunci: Peran Guru, Pembelajaran daring, pandemi covid-19
Download berkas