Penulis / NIM
ANTON SUUDI / 221417016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Anton Suudi (NIM : 221417016). 2021. ����¯�¿�½���¯���¿���½��..."Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Mata Pelajaran PPkn Melalui Pembelajaran Daring Di Kelas IX-1 Sekolah Menegah Pertama Negeri 12 Kota Gorontalo����¯�¿�½���¯���¿���½������ Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, pembimbing I Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si dan pembimbing II Asmun W Wantu, S.Pd., M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar anak pada mata pelajaran PPKn melaui pembelajaran daring di Kelas IX-1 Sekolah Menegah Pertama Negeri 12 Kota Gorontalo dan juga kendala yang dihadapi orang tua dalam meningkatkan minat belajar anak pada pembelajaran daring. penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. pengumpulan data mengunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. teknik analisis dilakukan melalui pengaturan data secara logis, sistematis dan analisis data sejak awal peneliti ke lokasi penelitian hingga pada akhir penelitian (pengumpulan data).
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar anak pada pembelajaran daring dari rumah, orang tua yang antusis dan turut berpartisifasi terhadap proses pembelajaran daring anak dari rumah dapat dilihat dari orang tua yang berupaya memfasilitasi anaknya agar dapat mengikuti proses pembelajaran daring dari rumah dan juga selalu membimbing anak di rumah adalah bukti bahwa orang tua sangatlah berperan terhadap proses pembelajaran daring anak dari rumah.
Adapun kendala yang dihadapi orang tua dalam meningkatkan minta belajar anak, terutama dari segi lingkungan dimana anak terkadang sulit diatur untuk belajar di rumah dibandingan dengan proses pembelajaran di sekolah bukan hanya itu rendahnya pendidikan orang tua jugan sangat mempengaruhi aktifitas belajar anak di rumah dan juga kurangnya waktu orang tua untuk berada di rumah karena disibkan dengan pekerjaanya masing-masing maka hal ini yang kemudian mejadi kendala dalam peningkatan minat belajar anak.
Kata Kunci : Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring.
Download berkas