Penulis / NIM
MOH. SAFRUN R. RIUH / 221417024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 9990393181
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Moh Safrun R. Riuh, 2021. Peran Guru PPKn Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa Melalui Aplikasi Google Meeting dan Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Gorontalo. Skripsi. Gorontalo : Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bimbing oleh Hj. Maisarah Sunge, SH.MH selaku pembimbing 1 dan Rasid Yunus, S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran gur PPKn dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa melalui aplikasi google meeting dan google classroom. 2) Untuk mengetahui faktor apakah yang menghambat guru dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa melalui aplikasi google meeting dan google classroom.
Penelitian ini dilkukan di SMA Negeri 3 Gorontalo, Limba U Dua, Kota Selatan, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Jenis metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi (penariksn kesimpulan).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran menggunaakan aplikasi melalui google meeting dan google classroom dapat dikatakan belum efektiv sebab secara umum masih banyak sekali faktor-faktor yang dapat menghambat guru dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa diantaranya dapat dilihat dari faktor guru, siswa, kurikulum dan pada pengunaan aplikasi itu sendiri. Kemudian peran guru dalam meningkatkan efektivitas belajar sudah sangat baik dilakukan, hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana cara guru dalam melakukan pengelolaan pembelajaran, memberikan fasilitas bagi pesrta didik dalam kelangsungan pembelajarannya, memberikan solusi terhdap pserta didik dalam pemecahan suatu masalah yang ada kaitannya dengan proses pembelajaran dan terlihat juga dari cara guru yang selalu memberikan motivasi dengan tindakan langsung kepada pesrta didik sehingga memacu semangat mereka dalam melakukan proses pembelajaran secara daring.
Kata Kunci : Peran Guru PPKn, Efektivitas belajar, Masa Pandemi Covid-19.
Download berkas