Penulis / NIM
LUTFIA DARISE / 221417030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
Abstrak
Lutfia Darise, 2021. ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½..."Faktor Determinan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran PPKn Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19 (Studi kasus SMP Negeri 2 Gorontalo)Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã��Ã�¯Ã��Ã�¿Ã��Ã�½Ã���Ã��Ã�¯Ã���Ã��Ã�¿Ã���Ã��Ã�½Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã���Ã��Ã�¯Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã���Ã��Ã�¿Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã���Ã��Ã�½Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã��Ã�¯Ã��Ã�¿Ã��Ã�½Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã���Ã��Ã�ÂÂ. Skripsi. Gorontalo: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk memperoleh informasi dan kejelasan tentang faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran secara daring di masa pandemi covid-19. 2) Untuk memperoleh informasi dan kejelasan tentang solusi untuk mengatasi permasalahan yang di alami guru ketika mengajar secara daring di masa pandemi covid-19.
Metode dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun Teknik dalam pengumpulan data yaitu melalui wawancara langsung maupun observasi guna mendukung penelitian yang ada di lapangan. Analisis data yang digunakan diantaranya reduksi data untuk melihat data yang tidak sesuai, sajian data untuk melihat data yang sesuai, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pada proses pembelajaran daring di SMP Negeri 2 Gorontalo sudah dapat dikatakan baik karena dalam pengajarannya guru memberikan materi dengan memanfaatkan media komunikasi berupa android dan fitur pendukung lainnya melalui grup yang telah dibuat oleh guru dan siswa. 2) Dalam kegiatan pembelajaran guru mengalami sedikit hambatan diantaranya, berkaitan dengan ketersediaan jaringan dan masalah mengenai fasilitas yang digunakan dalam pembelajaran daring. 3) Solusi yang digunakan dalam mengatasi permasalahan guru terkait dengan pembelajaran daring pertama guru sebagi pembimbing kedua guru sebagai agen moral ketiga guru sebagai motivator dan keempat guru sebagai komunikator.
Kata Kunci: Kinerja Guru, Pembelajaran Daring, Masa Pandemi
Download berkas