Penulis / NIM
ANDIKA HUNAWA / 221417040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ANDI NUR SYARIF HIDAYATULLAH, S.Pd., M.Pd / 0005108901
Pembimbing 2 / NIDN
AAM IMADDUDIN, S.Pd., M.Pd / 00180484
Abstrak
ABSTRAK
Andika Hunawa.2022.��Ã..."Implementasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah untuk meningkatkan Civic Disposition Siswa SMPN 3 LimbotoÃ��ÂÂ. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Ramli Mahmud, S.Pd., M.A
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pengimplementasian program pendidikan karakter yang diterapkan di SMPN 3 Limboto, (2) Hambatan kegiatan program pendidikan karakter di SMPN 3 Limboto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian di ambil secara random. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data yaitu triangulasi sumber. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dengan tahap sebagai berikut pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi program penguatan pendidikan karakter yang diterapkan di SMPN 3 Limboto dinyatakan sudah efektif berjalan dengan baik. Sehingga dapat meningkatkan civic disposition dalam membentuk watak, sikap, dan karakter kewarganegaraan melalui kegiatan terprogram yang terintegrasi dalam kegiatan intrakulikuler, ko-kurikuler dan ekstrakurikuler. (2) Faktor penghambat dalam pengimplementasian program pendidikan karakter di SMPN 3 Limboto seperti factor sarana dan prasarana yang kurang memadai, terkait dana dan pembiyaan dan pengembangan SDM.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Implementasi Program Pendidikan Karakter, Civic Disposition.
Download berkas