Penulis / NIM
SRI RIYANTI LAHIDJUN / 221417042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Sri Riyanti Lahidjun.2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Dengan Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Dikelas VII-B SMP Negeri 13 Gorontalo. Di Bawah Bimbingan Dr .H Sukarman Kamuli, M.Si Dan Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd Program Studi Ilmu Hukum Kemasyarakatan SI PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo 2021.
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Di Kelas VII-B SMP Negeri 13 Gorontalo.
Metode Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilaksanakan Dalam Beberapa Tahap Yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Tindakan, Tahap Pemantauan Dan Evaluasi, Dan Tahap Analisis Dan Refleksi. Data Hasil Pengamatan Hasil Belajar Siswa Pada Siklus I Siswa Yang Tuntas Berjumlah 9 Atau 40,90%, Yang Belum Tuntas Berjumlah 13 Orang Atau 59,09% Dan Pada Siklus Ii Siswa Yang Tuntas Berjumlah 18 Orang Atau 81,81% Dan Yang Tidak Tuntas Berjumlah 4 Orang Atau 18,18%. Hasil Ini Merupakan Salah Satu Bukti Keberhasilan Pengguanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan Hasil Penelitian, Dapat Disimpulkan Bahwa Setelah Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII-B SMP Negeri 13 Gorontalo.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran PPKn, Model Pembelajarn Contextual teaching and learning.
Download berkas