Penulis / NIM
REGA SUKMA JULIANI / 221417044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK
Rega Sukma Juliani. NIM 221417044, â€Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran PPKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Skripsi 2022 Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Di bawah bimbingan : Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd selaku pembimbing satu dan Bapak Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si selaku pembimbing dua.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas IX SMP Negeri 6 Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 6 Kota Gorontalo tahun pelajaran 2021/2022. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 15 orang. Dalam penelitian ini yang menjadi guru mitra 1 orang. Penulis memilih kelas IX sebagai obyek tindakan dengan pertimbangan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah. Jenis data yang diperoleh berupa : hasil belajar siswa, hasil observasi pembelajaran, data situasi belajar mengajar pada saat dilaksanakannya tindakan, dan data tentang refleksi diri. Cara pengambilan data : data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pelaksanaan evaluasi, data tentang situasi proses pembelajaran, diambil pada saat dilaksanakannya tindakan, data hasil observasi pembelajaran diambil melalui lembar observasi, data tentang refleksi diri di peroleh dari Instrumen Penilaian Kemampuan Mengajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase siswa yang memiliki ketuntasan belajar pada siklus 1 adalah 26,7% dan pada siklus 2 sebesar 93,3%. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning, Pembelajaran PPKn.
Download berkas