SKRIPSI

Penulis / NIM
REGA SUKMA JULIANI / 221417044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK Rega Sukma Juliani. NIM 221417044, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran PPKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Skripsi 2022 Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Di bawah bimbingan : Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd selaku pembimbing satu dan Bapak Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si selaku pembimbing dua. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas IX SMP Negeri 6 Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 6 Kota Gorontalo tahun pelajaran 2021/2022. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 15 orang. Dalam penelitian ini yang menjadi guru mitra 1 orang. Penulis memilih kelas IX sebagai obyek tindakan dengan pertimbangan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah. Jenis data yang diperoleh berupa : hasil belajar siswa, hasil observasi pembelajaran, data situasi belajar mengajar pada saat dilaksanakannya tindakan, dan data tentang refleksi diri. Cara pengambilan data : data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pelaksanaan evaluasi, data tentang situasi proses pembelajaran, diambil pada saat dilaksanakannya tindakan, data hasil observasi pembelajaran diambil melalui lembar observasi, data tentang refleksi diri di peroleh dari Instrumen Penilaian Kemampuan Mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase siswa yang memiliki ketuntasan belajar pada siklus 1 adalah 26,7% dan pada siklus 2 sebesar 93,3%. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning, Pembelajaran PPKn.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011