Penulis / NIM
DJAFAR YUSUF OPONU / 221417049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Djafar Yusuf Oponu, (NIM 221417049). 2021. ��Ã..."Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran PPKn Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga Jaya Kabupaten GorontaloÃ��ÂÂ. Skripsi program studi pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing 1 Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd. dan pembimbing 2 Asmun W. Wantu, S.Pd.,M.Sc
Penelitian ini bertujuan utntuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran audio visual oleh guru dalam mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan belum efektivnya penggunaan media pembelajaran audio visual dalam mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Tehnik analisis dilakukan melalui pengaturan data secara logis dan sistematis, dan analisis data dilakukan sejak awal peneliti ke lokasi penelitian hingga pada akhir penelitian (pengumpulan data).
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penggunaan media pembelajaran audio visual di SMP Negeri 1 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo belum dikatakan efektif khususnya media audio visual, dilihat dari proses pelaksanaan pembelajaran, proses komunikatif, respon siswa,aktivitas siswa, evaluasi dan hasil belajar siswa tidak efektiv. Dimana materi yang di sampikan oleh guru tidak semua siswa langsung dapat mengerti interaksi antara guru dan siswa ataupun siswa dengan siswa pada saat pembelajaran berlangsung tidak terjalin dengan baik karena beberapa kendala yaitu media gambar yang dihasilkan oleh media kurang jelas, sebagian siswa tidak mengerti, gangguan listrik dan fasilitas yang belum memadai hal ini dibuktikan dengan sebagian siswa yang kurang mengerti materi yang dijelaskan selain itu yang menjadi faktor penghambat penggunaan media audio visual pada saat pembelajaran adalah perhatian siswa dalam kelas.
Kata kunci : Efektivitas, media, siswa
Download berkas