Penulis / NIM
RUSNIATI / 221417051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Rusniati, NIM 221417051 skripsi â€upaya guru PPKn dalam proses penyelesaian tugas pekerjaan rumah oleh siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Gorontalo†dengan pembimbing (1) Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si, pembimbing (2) Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh seorang guru dalam proses penyelesaian tugas pekerjaan rumah oleh siswa, dan 2. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh seorang guru dalam proses penyelesaian tugas pekerjaan rumah oleh siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendektan deskriptif, yang menjadi subjek penelitian yaitu guru PPKn, kepala sekolah dan juga siswa kelas VII SMP Negeri 13 Gorontalo dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 11 orang siswa yang diwawancarai masih terdapat 6 orang siswa yang tidak menyelesaikan tugas pekerjaan rumah dengan alasan yang berbeda-beda dan upaya yang dilakukan oleh guru PPKn dalam menghadapi siswa yang malas mengerjakan tugas yaitu dengan cara guru PPKn memberikan sanksi yaitu menyuruh siswa tersebut merangkum semua materi yang telah dipelajari dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan terakhir, sementara itu dalam proses penyelesaian tugas pekerjaan rumah siswa, guru PPKn mengalami kendala proses penyelesaian tugas yaitu: (a) Masih banyaknya siswa yang tidak menyelesaikan tugas pekerjaan rumah yang diberikan walaupun guru PPKn sudah memberikan informasi yang jelas mengenai tugas, (b) Terdapat siswa yang tidak bertanya mengenai materi dan tugas apabila ada yang tidak dipahaminya, (c) Kepada siswa yang tidak mengumpulkan tugas secara terus menerus walaupun guru PPKn sudah memberikan nasehat dan juga evaluasi tetapi tetap saja tidak mendengarkan apa yang dikatakan oleh guru PPKn, dan (d) Terdapat pada perbedaan pemberian sanksi karena pada zaman sekarang seorang guru tidak diperbolehkan lagi memberikan sanksi yang berupa kontak fisik seperti pukul tangan, mencubit, tamparan dan sanksi lainnya yang berupa kontak fisik.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa seorang guru memiliki tanggung jawab penting pada dunia pendidikan terutama dalam mencerdaskan para penerus bagsa. Dalam proses penyelesaian tugas yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PPKn di kelas VII masih terdapat siswa yang tidak mengerjakan tugas pekerjaan rumah yang diberikan sehingga guru perlu memberikan informasi secara langsung yang jelas mengenai tugas pekerjaan rumah yang diberikan maka dari itu dibutuhkan kerja sama antara guru dan siswa agar tujuan dari pembelajaran bisa tercapai.
Kata kunci : Upaya Guru PPKn, Penyelesaian Tugas Pekerjaan Rumah, Siswa Kelas VII.
Download berkas