Penulis / NIM
SAGITA SAFAR / 221417052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Sagita safar. 2021. Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran Group Investigation di kelas VII-C SMP Negeri 13 Gorontalo. Di bawah bimbingan Dr. H Sukarman Kamuli M.si Dan Asmun Wantu S.Pd, M.Pd Program studi Ilmu Hukum Kemasyarakatan SI PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VII-C SMP Negeri 13 Gorontalo. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 13 Gorontalo yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil observasi dan hasilnya digunakan untuk merefleksi diri terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukan rata-rata presentase jumlah siswa yang memperlihatkan peningkatan hasil belajar yang diharapkan, seperti yang Nampak pada siklus I 40% siswa yang memperoleh nilai diatas 75, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 85% dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni minimal 75% atau 17 orang dari 20 siswa yang sudah memperoleh nilai diatas 75 tercapai. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni â�Ë�jika dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VII-C SMP Negeri 13 Gorontalo akan meningkat��.
Kata kunci : Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran Group Investigation
Download berkas