Penulis / NIM
SUDIRMAN PUADJI / 221417055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Sudirman Puadji. Nim : 221417055..Judul Skripsi : Efektivitas pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Kelas VII-A SMP Negeri 13 Gorontalo Skripsi, Gorontalo, Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Pembimbing 1 Dr. H. Sukarman Kamuli,M.Si,Pembimbing 2 Asmun W. Wantu,S.Pd,M,Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegraan dan fakor-faktor yang menentukan efektivitas pembelajaran daring di Kelas VII-A SMP Negeri 13 Gorontalo. Penelitian ini termasuk jenis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi ,wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn di lihat dari efek yang terkait dengan teknologi,karakteristik guru dan karakteristik siswa kurang efektif dimana gangguan jaringan internet dan keterbatasan kuota sehingga menyebabkan komunikasi antara guru dan siswa tidak terjalin dengan baik, guru sudah menyediakan materi yang akan dijelaskan namun dengan keterbatasan waktu saat penyampaian materi membuat siswa kurang focus dan kurang memahami materi dari guru serta siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran hal ini membuat siswa merasa bosan dan tidak melakukan Tanya jawab mengenai materi yang dijelaskan.Adapun fakor-faktor yang menentukan efektivitas pembelajaran daring yaitu faktor pendukung dalam pembelajaran daring berupa teknologi,sumber belajar dan media belajar maupun sarana prasarana yang memadai. Dan faktor penghambat pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMP Negeri 13 Gorontalo adalah jaringan internet, ketidak hadiran siswa saat pembelajaran daring, keterbatasan kuota internet, waktu pembelajaran yang terbatas dan kepemilikian handphone android.
Kata kunci :Efektivitas pembelajaran, pendidikan pancasila dan kewarganegraan
Download berkas