Penulis / NIM
YUSUF MATANTU / 221417059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK
Yusuf Matantu.2022. Analilsis Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Botumoito. Di Bawah Bimbingan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd Dan Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si
Penelitian Ini Merupakan Penelitian Kualitatif. Penelitian Ini Membahas Tentang Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Botumoito. Adapun Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Mendeskripsikan Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Botumoito.
Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif Deskripsi. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Melalui Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Yang Di Dapatkan Adalah Pada Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Memiliki Dampak Positif Dan Dampak Negatif. Dimana Dampak Positif Terhadap Peserta Didik Yaitu Dimana Peserta Didik Dapat Bertangung Jawab Dan Mengerjakan Tugas, Peserta Didik Dapat Mengakses Materi Pelajaran Dimanapun Dan Kapanpun, Dapat Melakukan Pembelajaran Dengan Santai, Aman Dari Bahaya Virus Corona Dan Orang Tua Bertanggung Jawab Terhadap Pembelajaran Anaknya. Sedangkan Dampak Negatif Yaitu Yang Sering Dihadapi Oleh Peserta Didik Bermain Game Yang Berlebihan, Kegiatan Belajar Mengajar Yang Tidak Efektif, Dan Peserta Didik Lambat Memberikan Tugas Dikarenakan Tugas Yang Menumpuk. Hasil Penelitian Ini Merupakan Salah Satu Bukti Bahwa Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Memberikan Dampak Positif Maupun Dampak Negatif Kepada Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Botumoito.
Kata Kunci : Kemandirian, Daring, dan Dampak Positif dan Negatif
Download berkas