Penulis / NIM
RISKI A. TAIM / 221417065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Riski A. Taim, 2022. Peran Guru Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Dalam Mencegah Kenakalan Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Darul Mubin. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Rasid Yunus, S.Pd., MP.d dan pembimbing II Asmun W. Wantu S.Pd., M.Sc.
Lokasi Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Darul Mubin dengan tujuan 1. Mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru PPKn untuk mencegah kenakalan, 2. Mengetahui hambatan yang muncul dan cara mengatasinya yang dilakukan oleh guru PPKn. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Pengambilan dalam penelitian ini yaitu survey didukung oleh observasi dan wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga aktifitas yaitu reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan/ferifikasi. Hasil penelitian, peran sebagai pembimbing mengalami kesulitan dalam menghadapi perkembangan zaman dan pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Peran sebagai model yaitu mengajak peserta didik dalam hal yang baik kepala madrasah juga senantiasa memberikan contoh suri tauladan terhadap semua guru. Peran sebagai agen moral untuk membentuk karakter peserta didik menumbuhkan sikap baik terhadap sesama dan saling menghormati yang ditentukan oleh kurikulum pemerintah khususnya sikap religius dan sosial. Peran sebagai komunikator bertujuan untuk melakukan pendekatan kepada peserta didik. Kesimpulan penelitian sebagai peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam mencegah kenakalan peserta didik melalui upaya guru pencegahan secara umum, khusus, preventif, dan rapresif.
Kata Kunci:Peran, Guru PPKn, Mencegah Kenakalan Peserta Didik.
Download berkas