Penulis / NIM
FANDI H AJADA / 221417078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Fandi H. Ajada, NIM 221417078 Skripsi â�Å"Strategi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Mengatasi Masalah Belajar Pada Siswa MTs Negeri 1 Buol�dengan pembimbing (1) Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. pembimbing (2) Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Strategi Guru PPKn Dalam Mengatasi Masalah Belajar Pada Siswa MTs Negeri 1 Buol, serta Faktor-Faktor Apa Yang Mempengaruhi Masalah Belajar Siswa. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bagaimana Strategi Guru Dalam Mengatasi Masalah Belajar Pada Siswa MTs Negeri 1 Buol, Guru PPKn menggunakan 3 strategi yang pertama menciptakan pembelajaran yang tidak membosankan, yang kedua menciptakan suasana kelas yang kondusif dan yang ketiga konsep saling membimbing. Dan Faktor-Faktor Apa Yang Mempengaruhi Masalah Belajar Siswa, ada faktor internal yaitu kurangnya kemampuan intelegensi peserta didik, kurangnya minat terhadap situasi belajar dan kurangnya motivasi dalam belajar. Sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah.
Kata Kunci : Strategi Guru PPKn dan Masalah-Masalah Belajar
Download berkas