Penulis / NIM
SINDI KLAUDIA RADJIKU / 221418011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Sindi Klaudia Radjiku, 2022. Efektivitas pembelajaran tatap muka pada mata pelajaran PKn di SMP N 2 Bintauna pasca pandemi covid-19. Skripsi, gorontalo: program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, jurusan ilmu hukum dan kemasyarakatan, fakultas ilmu sosial, universitas negeri gorontalo. Dibimbing Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M,pd, selaku pembimbing I dan ibu Asmun W. Wantu, s.pd, M.sc selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) bagaimana efektivitas pembelajaran tatap muka pada mata pelajaran PKn di SMP N 2 Bintauna pasca pandemi covid-19. 2) apa saja dampak dari efektivitas pembelajaran tatap muka pada mata pelajaran PKn di SMP N 2 Bintauna pasca pandemi covid-19. penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, reduksi data, dan penyajian data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bagaimana proses pembelajaran tatap muka di SMP N 2 Bintauna khusus pada mata pelajaran PKn dapat di lihat sebagai berikut: 1) pembelajaran tatap muka di SMP N 2 Bintauna tidak efektivitas. adapun kurang efektifnya pembelajaran adanya pembatasan jumlah peserta didik, jam belajar di kurangi, siswa dan guru harus menjaga jarak, memakai masker kemudian kehadiran siswa tentunya ada siswa yang kurang displin dalam proses pembelajaran. 2) dampak yang menjadi tidak efektifnya pembelajaran tatap muka yaitu dikurangi jam belajar dan kehadiran siswa. adanya pengurangan jam belajar sehingga peserta didik kesulitan memahami materi sehingga guru kebanyakan memberikan tugas kepada siswa di sini siswa sudah terbebani dengan adanya tugas.
Kata Kunci : Efektivitas pembelajaran tatap muka muka, pasca pandemic covid-19
Download berkas