Penulis / NIM
NEVIRA MAMONTO / 221418012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
.ABSTRAK
Nevira Mamonto, Nim 221418012 Skripsi †Strategi Guru Dalam Mengatasi Masalah Pembelajran Pasca Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Peratama Negeri 5 Kotamobagu†Dengan Pembimbing (1) Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd, Pembimbing (2) Rasid Yunus, S.Pd., M.Pd. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini Berujuan untuk mengatahui seberapa Besar Strategi Guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam mengatasi pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 Di sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kotamobagu.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriftif, subjek dalam penelitian ini yaitu Guru PPKn, serta peserta didik. Dengan tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara untuk memperoleh, informasi dari Guru PPKn serta siswa.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru dalam mengatasi pembelajaran pasca pandemi covid-19 di sekolah menengah pertama negeri 5 kotamobagu. Dalam hasil penelitian ini menunjukan bagaimana permasalahan yang ada di SMP Negeri 5 Kotamobagu selama menjalani pembelajran Pasca Pandemi covid-19 dilihat dari beberapa aspek (1) Minat siswa yang menurun dengan kondisi pasca pandemi covid-19, (2) adaptasi kebiasaan baru setelah Covid-19. Beberapa aspek ini memperlihatkan seberapa penting strategi guru dalam mengatasi permasalahan pembelajaran pasca pandemi covid-19. Adapun startegi guru dalam mengatasi pembelajaran pasca pandemi covid-19 yaitu (1) strategi pembelajaran langsung, (2) strategi pembelajaran ekspositori.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan guru belum bisa mengatasi masalah pembelajaran pasca pandemi covid-19.
Kata Kunci : Strategi Guru, Masalah Pembelajaran, Pasca Pandemi
Download berkas