SKRIPSI

Penulis / NIM
PIDYAWATI MALIKI / 221418031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK Pidyawati maliki, 2022. Efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran pndidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas xi ilmu pengetahuan sosial-2 sekolah menengah atas negeri 1 tapa. Skripsi, gorontalo: program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, jurusan ilmu hukum dan kemasyarakatan, fakultas ilmu sosial, universitas negeri gorontalo. Dibimbing Dr. H. Sukarman Kamuli M.si, selaku pembimbing 1 dan ibu Asmun W. Wantu, s.pd, M.sc selaku pembimbing ii. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kls xi ips-2 sekolah menengah atas negeri 1 tapa. 2) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penentu efektivitas pembelajaran daring di sma negri 1 tapa. Penelitian ini termasuk jenis deskriptif kualitatief dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bagaimana proses pembelajaran daring yang di sma negri 1 tapa khususnya pada mata pelajaran ppkn dapat di lihat sebagai berikut: 1) pembelajaran daring di SMA Negri 1 Tapa tidak efektifitas di lihat dari segi metode pembelajaran, teknologi, karakteristik guru, karakteristik siswa yang kurang efektief karena pada saat pembelajaran daring siswa mengalami kendala seperti ada siswa yang tingal di daerah yang tidak meliki jaringan, ganguan jaringan internet, dan ada siswa yang tidak memiliki handphone android, sehinga komunikasi antara guru dan siswa tidak terjalin dengan baik. Guru sudah memberikan informasi terlebih dahulu tetapi sebagian siswa tidak mendapatkan informasi tersebut. Dan untuk penyajian materi guru sudah menyediakan materi yang akan dijelaskan tetapi tidak semua siswa bisa memahami materi yang disajikan oleh guru sehinga pembelajaran daring ini tidak efktief. 2) faktor-faktor yang menjadi menentukan efektivitas pembelajaran daring berupa sekolah telah menyediakan sarana dan prasana seperi laboratorium komputer yang siap digunakan oleh pada pembelajaran daring, jaringan wifi untuk guru serta sekolah telah menberikan arahan kepada semua guru mata pelajaran bagaimana cara menggunakan aplikasi pada pembelajaran daring. Dan untuk faktor penghambat pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di sma negri 1 tapa adalah jaringan internet, ketidak hadiran siswa pada pembelajaran daring, keterbatas kuota internet dan ketidak pemilikan handphone Android. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran Daring, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011