Penulis / NIM
NURUL PRATIWI H. ALI / 221418034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Nurul Pratiwi H.Ali,NIM 221418034 Skripsi â€Efektivitas Pembelajaran Luring Dikelas IX Di SMP Muhammadiyah 1 Tolangohula Pasca Pandemi Covid-19†Dengan Pembimbing (1) Dr.Hj Zulaecha,M.Pd. Pembimbing (2) Asmun W.Wantu,S.Pd,M.Sc.Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran luring di kelas IX di SMP Muhammadiyah 1 Tolangohula pasca pandemi,faktor penghambat efektivitas pembelajaran luring,hasil pembelajaran,aktivitas,dan insentif.
Metode yang digunakan yaitu menggunakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fieldresearch (penelitiam lapangan) subjek dalam penelitian ini yaitu guru PPKn dan peserta didik dengan menggunakan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara,dan dokumentasi.penulis berperan sebagai pewawancara untuk memperoleh informasi langsung dari guru PPKn dan peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran luring pasca pandemi belum dikatakan efektif sesuai dengan apa yang diharapkan oleh guru dan siswa karena dilihat dari beberapa faktor penghambat yaitu jam KBM masih belum efektif,siswa masih terbawa suasana pandemi,jadwal masuk sekolah masih terbatas,kurangnya peran orang tua terhadap peningkatan sikap anak,harus memenuhi persyaratan vaksin sehingga perlu diperhatikan kembali dan di upayakan agar pembelajaran luring disekolah sesuai dengan target keberhasilan pembelajaran
Kata Kunci:Efektivitas,Luring,Pasca Pandemi.
Download berkas