Penulis / NIM
NURUL SUSANTI PAKAYA / 221418035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Nurul Susanti Pakaya, NIM 221418035 Skripsi â€Strategi Guru PPKn Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kwandang†Dengan Pembimbing (1) Dr. H. Sukarman Kamuli, M, Si. Pembimbing (2) Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru PPKn dalam meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemik di Sekolah Menengah Pertama.
Metode yang digunakan yaitu menggunakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskritif, subjek dalam penelitin yaitu guru PPKn dan peserta didik. dengan tehknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis berperan yaitu sebagai pewawancara untuk memperoleh informasi langsung dari guru PPKn, serta peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi guru PPKn dalam meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi diperlukan strategi yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar. di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kwandang minat belajar siswa pada masa pandemi masih kurang hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek perhatian siswa dalam belajar masih kurang, ketertarikan dalam pembelajaran yang masih kurang, kurangnya rasa senang dalam belajar, serta keterlibatan siswa dalam mengikuti pembelajaran juga masih kurang. Beberapa aspek ini memperlihatkan minat belajar kurang. Strategi yang diterapkan dalam meningkatkan minat belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kwandang yaitu (1) strategi pembelajaran langsung dan (2) strategi pembelajaran deduktif atau ekspositif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi Guru PPKn dalam meningkatkan minat belajar pada saat pandemik masih kurang bisa dilihat dari perhatian siswa dalam belajar masih kurang, ketertarikan dalam belajar masih kurang, kurangnya rasa senang dalam belajar, serta keterlibatan dalam belajar masih kurang.
Kata Kunci: Minat Belajar, Strategi Guru PPKn, Masa Pandemi.
Download berkas