Penulis / NIM
JUSMITA S. PANINGGO / 221418037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Jusmita S. Paninggo, 2023. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial-1 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapa. Skripsi, Gorontalo: Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing Oleh Bapak Dr. H. Sukarman Kamuli M.Si, Selaku Pembimbing I Dan Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc Selaku Pembimbing II
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi karakter disiplin siswa dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas x ips-1 di sman 1 tapa. penelitian ini termasuk jenis deskrisif kualitatief dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Dalam Pembelajaran PPKn khususnya di Kelas X Ips-1 Di SMAN 1 Tapa sebagai berikut: 1) Perencanaan implementasi pendidikan karakter disiplin siswa yang dapat menunjang jalannya implementasi pendidikan karakter disiplin dengan menyediakan sarana dan prasarana, perangkat pembelajaran, dan metode pembelajaran secara bervariasi. 2) Pelaksanaan implementasi pendidikan karakter disiplin siswa melalui empat unsur yaitu penerapan peraturan, pemberian hukuman, pemberian penghargaan dan konsistensi. 3) Evaluasi implementasi pendidikan karakter disiplin siswa dalam pembelajaran PPKn sudah mengalami perubahan tetapi masih perlu di lakukan perbaikan. Untuk itu seorang guru termasuk orang tua berperan sangat penting untuk anak didik dalam membentuk karakter disiplin siswa.
Kata Kunci : implementasi karakter disiplin, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan.
Download berkas