Penulis / NIM
WA ODE MULI / 221418051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Wa Ode Muli 2023 â€Peran Guru PKn Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Limboto Baratâ€. Skripsi, Gorontalo: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ibu Dr.Hj Zulaecha Ngiu, M.Pd (Pembimbing I) dan Ibu Asmun W Wantu, S.Pd.,M.Sc (Pembimbing II). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PKn dalam meningkatkan minat belajar siswa pasca pandemic Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Guru PKn dan Siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara angket dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk memperoleh informasi langsung dari guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pasca pandemic covid-19 Pertama, peran guru sebagai fasilitator, kedua, guru sebagai demonstator, ketiga, guru sebagai supervisor, keempat, guru sebagai evaluator, kelima, guru sebagai motivator. Minat belajar siswa cenderung baik dalam proses pembelajaran dikelas dengan mata pelajaran PKn. 2) Adapun faktor pendukung dan penghambat guru PKn dalam meningkatkan minat belajar siswa terdapat dalam diri siswa itu sendiri, dukungan dari orang tua, dan lingkungan sekitar.
Kata Kunci: Peran Guru PKn, Minat Belajar, Pasca Pandemi Covid-19
Download berkas