Penulis / NIM
FIDYAWATY ARSYAD / 221418052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
FIDYAWATY ARSYAD, NIM 221418052 Skripsi â�Å"Peran Guru PPKn Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Di SMP Negeri 4 Tilamuta�Dengan Pembimbing (1) Dr. Zulaecha Ngiu, S.Pd, M.Pd, Pembimbing (2) Asmun W.Wantu, S.Pd, M.Se. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebebrapa besar peran guru pendidikan pancasilan dan kewarganegaaan dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa di SMP Negeri 4 Tilamuta.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriftif, subjek dalam penelitian yaitu kepala sekolah, guru PPKn serta siswa. Dengan tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis berperan yaitu sebagai pewawancara untuk memperoleh, informasi dari kepala sekolah, guru PPKn serta peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru PPKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa di SMP Negeri 4 Tilamuta. Dalam hasil penelitian ini menunjukan bagaimana peran guru PPKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa di lihat dari beberapa aspek (1) guru sebagai pendidik,
(2) guru sebagai motivator. Beberapa aspek ini memperlihatkan betapa pentingnya peran guru PPKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa. Adapun kendala yang yang dialami yaitu (1) kebiasaan anak di luar sekolah, (2) kurangnya komunikasi antara siswa dan guru, serta (3) kurangnya kerja sama antara orang tua dan guru.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpilkan bahwa guru mempunya peran penting dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa di SMP 4 Tilamuta.
Kata Kunci: Guru PPKn, Nasionalisme
Download berkas