SKRIPSI

Penulis / NIM
ASNAWATI HAIYA / 221418056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK Asnawati Haiya, 2022. Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Di Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial-1 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapa. Skripsi, Gorontalo: Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd selaku pembimbing 1 dan Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc selaku pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Peran Guru PPKn Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Di Kls XI IPS-1 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapa. 2) Untuk Mengetahui Factor Apa Yang Menghambat Peran Guru Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di Kls XI IPS-1 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tapa, Desa Bulotalangi Barat, Kec. Bulango Timur, Kab. Bonebolango. Jenis metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru PPKn, dan siswa kelas XI IPS-1. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa pembelajaran di SMA Negeri 1 Tapa sudah berjalan dengan baik karena hal ini dilihat dari guru yang sangat berperan dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. 1) Peran guru PPKn dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran daring di Kls XI IPS-1 Sekolah menengah atas Negeri 1 Tapa Pertama, Guru Sebagai Pengajar, Kedua Guru Sebagai Pembimbing, Ketiga Guru Sebagai Ilmuan, Keempat Guru Sebagai Pribadi. 2) Adapun factor yang menghambat peran guru PPKn dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di Kls XI IPS-1 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapa yaitu factor internal yang ada dalam diri individu yang sedang belajar dan factor eksternal yang ada diluar individu yang meliputi lingkungan keluarga dan masyarakat. Kata Kunci : Peran Guru PPKn, Aktivitas Belajar Siswa, Pembelajaran Daring
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011