Penulis / NIM
RAHMAWATI H WAHAB / 221418064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Rahmawati H.Wahab 2018. upaya Meningkatkan Kemampun Kreativitas Siswa Dengan menggunakan Model Konstruktivisme Dalam Pembelajaran PPKn Di SMP Negeri 3 Paleleh Barat.Skripsi Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Dr.H. Sukarman Kamuli, M.S.i Dan Pembimbing II Asmun W.Wantu. S.Pd,M.Se.
Masalah dalam penelitian ini adalah â€Apakah Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Dapat Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Di Kelas VII SMP Negeri 3 Paleleh Barat Dapat Meningkat?â€
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran PPKn Di Kelas VII SMP Negeri 3 Paleleh Barat. Jenis penelitian yang ini adalah Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Paleleh Barat yang brjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi dan Doumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara Deskripsi.
Pada observasi awal menunjukan bahwa dari 18 orang siswa, hanya (3) orang yang kreativitasnya tergolong mampu dan (15) orang yang kreativitanya tergolong belum mampu.berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 pertemuan pertama menunjukan peningkatan menjadi (28%) atau 5 orang, dan siklus 1 pertemuan kedua mengalaman peningkatan 7 orang (39%), dan pada pertemuan ketiga meningkat lagi menjadi 83% atau 15 orang. Dari hasil penelitian yang signifikan dan pembahasan yang telah dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran konstruktivisme. kreativitas belajar siswa dikelas VII SMP Negeri 3 Paleleh Barat â€Meningkatâ€.
Kata Kunci :Model Pembelajaran Konstruktivisme.
Download berkas