Penulis / NIM
SINTIA SULEMAN / 221418072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Sintia Suleman, Nim 221418072 Skripsi â�Å"Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IX Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Gorontalo�Dengan Pembimbing (1) Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd, Pembimbing (2) Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IX Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Gorontalo.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan pendekatan dekriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Guru PPKn, Orangtua, dan Peserta didik. Dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara untuk memperoleh informasi dari Guru PPKn dan siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan handphone terhadap siswa kelas IX lebih banyak membawa dampak negatif daripada dampak positif terhadap perilaku atau kebiasaan belajar siswa di kelas, dilihat dari beberapa aspek (1) Kebiasaan belajar dalam mengikuti pelajaran, (2) kebiasaan belajar dalam membaca buku, (3) kebiasaan belajar menghadapi ujian. Beberapa aspek ini memperlihatkan seberapa penting upaya guru PPKn dan orang tua siswa dalam mengatasi dampak negatif penggunaan handphone yang akan berdampak pada perilaku atau kebiasaan belajar siswa. Adapun upaya guru PPKn dan orang tua siswa dalam mengatasi dampak negatif handphone yaitu (1) membatasi untuk memberikan handphone kepada anak sesuai kebutuhan, (2) memberi nasehat serta mengawasi anak dirumah untuk belajar menggunakan handphone dengan benar, (3) memberikan sanksi tegas pada siswa yang membawa handphone ke kelas atau lingkungan sekolah bukan pada waktunya.
Kata Kunci : Dampak Penggunaan Handphone, Perilaku Belajar, Siswa
Download berkas