Penulis / NIM
NOLDIYANTO HUO / 221418095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Noldiyanto Huo, NIM 221418095 Skripsi ��Ã..."Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Di SMK Negeri 1 Baolemo�� Dengan Pembimbing (1) Dr. Lucyane Djafar, S.H, M.Pa, Pembimbing (2) Asmun W.Wantu, S.Pd, M.Se. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebebrapa besar peran guru pendidikan pancasilan dan kewarganegaaan dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Boalemo.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriftif, subjek dalam penelitian yaitu kepala sekolah, guru PPKn serta siswa. Dengan tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis berperan yaitu sebagai pewawancara untuk memperoleh, informasi dari kepala sekolah, guru PPKn serta peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru PPKn dalam membentuk kedisiplinan siswa Di SMK Negeri 1 Boalemo. Dalam hasil penelitian ini menunjukan bagaimana peran guru PPKn dalam membentuk kedisiplinan siswa di lihat dari beberapa aspek (1) guru sebagai pembimbing, (2) guru sebagai agen moral. Beberapa aspek ini memperlihatkan betapa pentingnya peran guru PPKn dalam membentuk kedisiplinan siswa. Adapun kendala yang yang dialami atau faktor-foktor penghambat yaitu (1) kebiasaan anak di luar sekolah, (2) kurangnya komunikasi antara siswa dan guru, serta (3) kurangnya kerja sama antara orang tua dan guru.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpilkan bahwa guru mempunya peran penting dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Boalemo.
Kata Kunci: Guru PPKn, Kedisiplinan siswa.
Download berkas