SKRIPSI

Penulis / NIM
NUSAIRI KAMADI / 231406013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK Nusairi Kamadi. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Se-Kota Gorontalo (Suatu Penelitian di SMA Negeri 4 Gorontalo dan SMA Negeri 3 Gorontalo)”. Skripsi, Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA se-kota Gorontalo dan (2) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA se-kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan orientasi fenomenologis mengenai seluruh kegiatan-kegiatan dan peristiwa-peristiwa yang ada pada minat belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar tersebut pada mata pelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek wawancara sebagai sumber data dipilih 10 siswa masing-masing 5 siswa SMA Negeri 3 Gorontalo dan 5 siswa SMA 4 Gorontalo. Selain itu, dipilih informan yang dianggap tahu dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data dan mengetahui masalah secara mendalam. Proses analisis data secara kualitatif di mulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yang terkait meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) secara umum, siswa SMA di kota Gorontalo memiliki minat belajar mata pelajaran sejarah dan secara khusus, siswa SMA Negeri 3 Gorontalo memiliki minat yang lebih tinggi dibandingkan siswa SMA Negeri 4 Gorontalo pada mata pelajaran sejarah. (2) Faktor eksternal memberikan pengaruh yang lebih tinggi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dibandingkan dengan faktor internal. Faktor eksternal yang memberikan pengaruh tinggi adalah cara mengajar guru dan sarana prasarana belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011