Penulis / NIM
LA ODE AMRIN TODANGA / 231406044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK
La Ode Amrin Todanga. 2012. Hubungan Berpikir Formal Dengan Hasil Belajar Sejarah. Skripsi.Fakultas Ilmu Sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berpikir formal dengan hasil belajar siswa di SMA Prasetya Kota Gorontalo?
Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen dalam penelitian ini ada 2 (dua) yakni (1) tes berpikir formal, dan (2) tes hasil belajar sejarah.
Pengolahan data penelitian ini digunakan teknik statistik deskriptif dan teknik statistik inferensial. Variansi yang homogen dan data penelitian bersifat korelasi.
Berdasarkan dari hasil penelitian, terdapat hubungan yang signifikan antara berpikir formal dengan hasil belajar sejarah siswa SMA Prasetya Kota Gorontalo adalah 32,773% dan 67,227% dipengaruhi faktor yang tidak termasuk dalam variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Jika dilihat dari tingkat hubungan berpikir formal dengan hasil belajar sejarah masuk dalam kategori kuat (erat) dengan besar korelasi 0,67227 atau 67.227% dengan simpulan bahwa hubungan berpikir formal terhadap hasil belajar sejarah adalah signifikan secara statistik, maka hipotesis penelitian ini diterima. Artinya semakin baik tingkat berpikir formal maka semakin baik pula hasil belajar sejarah pada SMA Prasetya Kota Gorontalo dan hasil temuan penelitian ini memiliki beberapa implikasi, baik untuk pengembangan teori maupun untuk kepentingan berpikir formal dalam hal peningkatan hasil belajar sejarah.
Kata Kunci : Berpikir Formal, Hasil Belajar Sejarah
Download berkas