Penulis / NIM
ABDUL KADIR SAGULIA / 231408005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SURYA KOBI, M.Pd / 0022065705
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABTSRAK
ABDUL KADIR SAGULIA. Nim. 231408005. 2012. Karakterisitik Aktivitas Belajar dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Drs. Surya Kobi, M.Pd. selaku Pembimbing I dan Sutrisno Mohamad, S.Pd. M.Pd. selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah karakteristik aktivitas belajar pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Gorontalo dan untuk mengetahui besar pengaruh karakteristik aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Gorontalo. Sampel penelitian ini berjumlah 52 orang yang diambil secara random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan korelasional yang bertujuan untuk melihat gambaran secara umum mengenai pengaruh karakteristik aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas (X) yang meliputi (1) aktivitas visual, (2) aktivitas lisan, (3) aktivitas mendengarkan, (4) aktivitas menulis, dan (5) aktivitas membaca. Sedangkan variabel terikat (Y), yaitu hasil belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Angket yang diberikan berisi 25 butir pertanyaan sedangkan tes hasil belajar berisi 28 butir soal. Untuk mengetahui jawaban pertanyaan penelitian digunakan analisis korelasional yang hasilnya adalah aktivitas belajar siswa dengan skor rata-rata 80,83 atau 80,83% dan dikategorikan tinggi sedangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan skor rata-rata 73,24 atau 73,24% dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji -t diperoleh harga thitung = 18,24 dan tdaftar = 1,68. Dengan kata lain, thitung ? tdaftar. Dari hasil pengujian hipotesis dapat ditarik kesimpulan bahwa karakteristik aktivitas belajar signifikan pada penyebabnya cukup tingginya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah.
Download berkas