SKRIPSI

Penulis / NIM
AMRIN KADIR / 231408011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak

ABSTRAKAmrin Kadir. 2013.Komparasi Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share dengan Konvensional pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Marisa (Studi Perbandingan Nilai IPS).Model pembelajaran tipe Think-Pair-Share merupakan salah satu dari berbagai tipe pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Model pembelajaran ini bercorak kerjasama. Makna ‘kerjasama’ dalam konteks pembelajaran kooperatif menurut Hasan (dalam Solihatin dan Raharjo, 2008: 4) mengandung pengertian bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental melalui desain pre-tes dan post-tes.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan nilai hasil belajar siswa pada kelas IPS yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share dan kelas yang diajarkan dengan model konvensional di SMA Negeri 1 Marisa. Sampel penelitian ini menggunakan 2 (dua) kelas yang diambil secara random, yaitu XI IPS 1 yang berjumlah 36 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan  kelas XI IPS 3 yang berjumlah 33 orang  sebagai kelas pembanding atau kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental melalui desain pre-tes dan post-tes. Data penelitian diperoleh melalui tes dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 butir. Hipotesis hipotesis penelitian yang berbunyi “terdapat perbedaan nilai hasil belajar pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share dan kelas yang diajarkan dengan model konvensional”. Penggujian hipotesis menggunakan t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa harga t = 6,36 dan db = 67, sedangkan harga t kritik pada ts0,05 = 1,67. Dengan kata lain: 6,36  ≥  1,67. Ini berarti bahwa harga t0 signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksperimen yang dilakukan mempunyai pengaruh terhadap kelompok ekperimen.Kata Kunci: model pembelajaran, Think-Pair-Share, ceramah.

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011