Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
ABSTRAKAmrin Kadir. 2013.Komparasi Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share dengan Konvensional pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Marisa (Studi Perbandingan Nilai IPS).Model pembelajaran tipe Think-Pair-Share merupakan salah satu dari berbagai tipe pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Model pembelajaran ini bercorak kerjasama. Makna ‘kerjasama’ dalam konteks pembelajaran kooperatif menurut Hasan (dalam Solihatin dan Raharjo, 2008: 4) mengandung pengertian bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental melalui desain pre-tes dan post-tes.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan nilai hasil belajar siswa pada kelas IPS yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share dan kelas yang diajarkan dengan model konvensional di SMA Negeri 1 Marisa. Sampel penelitian ini menggunakan 2 (dua) kelas yang diambil secara random, yaitu XI IPS 1 yang berjumlah 36 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 yang berjumlah 33 orang sebagai kelas pembanding atau kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental melalui desain pre-tes dan post-tes. Data penelitian diperoleh melalui tes dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 butir. Hipotesis hipotesis penelitian yang berbunyi “terdapat perbedaan nilai hasil belajar pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share dan kelas yang diajarkan dengan model konvensional”. Penggujian hipotesis menggunakan t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa harga t = 6,36 dan db = 67, sedangkan harga t kritik pada ts0,05 = 1,67. Dengan kata lain: 6,36 ≥ 1,67. Ini berarti bahwa harga t0 signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksperimen yang dilakukan mempunyai pengaruh terhadap kelompok ekperimen.Kata Kunci: model pembelajaran, Think-Pair-Share, ceramah.