SKRIPSI

Penulis / NIM
HASIM PAPUTUNGAN / 231408019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Abstrak
ABSTRAK Hasim Paputungan. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Picture Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 1 Lolak. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd. dan pembimbing II Drs. Hi. Darwin Une, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: apakah penerapan model pembelajaran picture puzzle berpengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Lolak ?. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran picture puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Lolak. Desain penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 14.16 dan ttabel diperoleh nilai sebesar 2.09. Hal ini membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa menolak H0 dan menerima H1 atau dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran picture puzzle terhadap hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Lolak Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa (a) Model pembelajaran picture puzzle dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah pada peserta didik kelas XI SMA Negeri I Lolak. (b) Pada saat dilaksanakan tes awal atau pre test hasil belajar mata pelajaran sejarah pada peserta didik kelas XI SMA Negeri I Lolak masih rendah yakni 6 orang (25%) dan setelah digunakan metode picture puzzle hasil belajar peserta didik meningkat saat dilakukan tes akhir atau post test yakni menjadi 24 orang peserta didik (100%). (c) ari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diketahui bahwa nilai thitung sebesar 14.16 dan ttabel diperoleh nilai sebesar 2.09. Hal ini membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel yang artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran picture puzzle terhadap hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Lolak. Kata Kunci: Picture Puzzle, Hasil Belajar, Sejarah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011