SKRIPSI

Penulis / NIM
MURNI S. NUSI / 231408030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
ABSRTAK Murni S. Nusi. Nim. 231 408 030. 2012. Hubungan Penerapan Model Pembelajaran Koopeatif Tipe STAD dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (Suatu Penelitian di MAN Batudaa). Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra.Hj. Trisnowaty Tuahunse, M.Pd dan Pembimbing II Dra.Hj. Resmiyati Yunus,M.Pd. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk untuk menyelidiki Hubungan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Yang menjadi populasi adalah siswa kelas X yang berjumlah 128 orang yang diambil sebagai sampel adalah 32 orang dari keseluruhan siswa kelas X. Adapun teknik proporsional random sampling. Setelah penelitian dan data-data diperoleh, maka data-data tersebut diolah secara statistika untuk mengetahui hubungan antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga terdapat hubungan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. berdasarkan perhitungan diperoleh thitung= 3,68 sesuai kriteria pengujian hipotesis terima H0 jika t(1-½ ?) < t hitung > t (1-½ ?) dengan taraf kepercayaan = 0,01 dk=n2 t daftar = 2,75 dengan demikian t hitung > t daftar telah berada di luar daerah penerimaan H¬¬0, atau menolak H¬¬0 dan menerima H¬¬1 sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasinya benar-benar signifikan. Dengan hasil analisis tersebut maka terdapat hubungan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011