Penulis / NIM
RUSLINA LABATJO / 231408039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
ABSTRAK
Ruslina Labatjo. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Darwin Une, M.Pd. dan pembimbing II Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Simpulan hasil penelitian pertama strategi pembelajaran inkuiri yakni metode yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mengembangkan potensi intelektualnya dan mendorong siswa untuk bertindak aktif mencari jawaban atas masalah-masalah yang dihadapinya. Kedua dalam menerapkan inkuiri perlu diperhatikan beberapa hal yakni: mengajar secara efektif, mempergunakan variasi metode, memberi motivasi belajar siswa yang tepat, materi yang diajarkan disesuaikan dengan kurikulum, membuat perencanaan sebelum mengajar, mengintegrasikan semua pelajaran yang diberikan kepada siswa, menghubungkan mata pelajaran di sekolah dengan kebutuhan nyata di masyarakat, memberikan kebebasan kepada siswa untuk dapat menyelidiki, mengamati sendiri, belajar sendiri dan mencari pemecahan masalah sendiri, menyusun perencanaan pengajaran remedial dan diberikan kepada siswa yang memerlukan. Ketiga langkah strategi pembelajaran inkuiri meliputi: observasi (observation), bertanya (questioning), mengajukan hipotesis (hipotesis), pengumpulan data (data gathering), pembahasan, dan penyimpulan (conclusion).
Download berkas