Penulis / NIM
WA SAONA / 231408046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Wa Saona, Nim 231 408 046: “Hubungan Kemampuan Kognitif Siswa dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo“ Skripsi, Gorontalo, Jurusan Sejarah program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas ilmu sosial Universitas Negeri Gorontalo 2012.
Penelitian ini bermaksud untuk dapat mengungkapkan permasalahan tentang hubungan kemampuan kognitif siswa dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan kemampuan kognitif siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo.
Dalam penelitian ini penulis menetapkan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI pada sekolah SMA Negeri 2 kota Gorontalo yang berjumlah 174 orang. Dan di ambil sampel secara rendom. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk regresi korelasi, instrumen pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes hasil belajar dalam bentuk soal objektif untuk variabel kemampuan kognitif dan nilai rapor siswa untuk variabel prestasi belajar. Data – data yang di peroleh selanjutnya di olah namun sebelum data di olah, terlebih dahulu di lakukan uji normalitas data dan koefisien korelasi.
Sesuai dengan hasil analisis dan pembahasannya,hipotesis yang berbunyi “ terdapat hubungan kemampuan kognitif siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah “.Di nyatakan di terima dan teruji kebenarannya. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan di mana di peroleh harga thitung = 4,107 sedangkan dari daftar tersebut di peroleh tdaftar = 2,02 sehingga thitung lebih besar dari tdaftar atau harga thitung telah berada di luar daerah penerimaan H0, Sehingga dapat di simpulkan bahwa H0 ditolak dan Hi diterima.
Download berkas