Penulis / NIM
IRPAN GOBEL / 231409001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK
Irpan Gobel. 2015." Hubungan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dengan
Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Atinggola. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah,
Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I (Dra. Hj. Trisnowaty
Tuahunse M.Pd) Pembimbing II (Sutrisno Mohamad, S.pd., M.pd)
Tujuan dalam penelitian ini adalahuntuk mengetahui Hubungan antara Pendekatan Contextual
Teaching Learning (CTL) dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Atinggola.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yang erdiri dari dua
variable yaitu variable X (Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dan variable Y
(Hasil Belajar Siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sedangkan
teknik analisis yang digunaka adalah analisis regresi sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Contextual Teaching
Learning (CTL) mempunyai hubungan terhadap hasil belajar siswa, di SMA Negeri 1 Atinggola.
Hal ini didasarkan pada hasil pengujian hipotesis, dimana t
hitung
lebih besar dari tdaftar
dan thitung
tidak berada pada daerah penerimaan, maka hiptesis H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan
demikian, hiptesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat hubungan positif antara
hubungan pendekatan Contekstual Teaching Learning (CTL) dengan hasil belajar siswa di SMA
Negeri 1 Atinggola, dapat diterima pada taraf sangat signifikan.
Kata Kunci : Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas