Penulis / NIM
KARMILAH / 231409008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
ABSTRAK
Skripsi, dengan formulasi judul yang digunakan “Daya Serap Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah” (study kasus di SMA Se-Kota Gorontalo) Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2013.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana daya serap siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA se-Kota Gorontalo. Objek penelitian ini terfokus pada empat sekolah yaitu SMA Negeri 1 Gorontalo, SMA Negeri 2 Gorontalo, SMA Negeri 3 Gorontalo, dan SMA Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya serap siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA se-Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang membahas tentang studi kasus dan diungkapkan secara deskriptif analitis kritis. Penelitian tentang daya serap siswa pada mata pelajaran sejarah merupakan bagian integral dalam proses belajar mengajar artinya secara utuh atau seluruhnya.
Di dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa daya serap siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA se-Kota Gorontalo dapat memberi pengaruh pada prestasi siswa pada bidang studi sejarah sendiri. Proses daya serap yang dialami akan menghasilkan perubahan-perubahan pemahaman, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap. Adanya perubahan itu tampak dalam prestasi belajar siswa. Setiap siswa berbeda dalam tingkat prestasinya ini merupakan cerminan dari daya serap siswa. Daya serap siswa yang dicapai seorang individu merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhi baik dari dalam diri (factor intern) maupun dari luar diri (factor ekstern) individu.
Download berkas