Penulis / NIM
DESRIANTY ABDULLAH / 231409031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SURYA KOBI, M.Pd / 0022065705
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Desrianty Abdullah. 2013. 231409031. Hubungan Kesulitan Belajar Terhadap
Prestasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Gorontalo,
(Suatu Penelitian di Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas
Negeri Gorontalo).
Pokok permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah melihat tingkat
kesulitan belajar mahasiswa jurusan pendidikan sejarah terkait dengan factor yang
mempengaruhi kemampuan belajar mahasiswa baik dilihat dari factor intern maupun
dari factor ekstern.Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui permasalahan tentang
apakah terdapat hubungan kesulitan belajar terhadap prestasi mahasiswa jurusan
pendidikan sejarah Universitas Negeri Gorontalo dengan menggunakan metode
penelitianKuantitatif. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan kesulitan belajar dengan prestasi mahasiswa Jurusan
Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kesulitan belajar terhadap
prestasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah sebesar21,42%.Persentase tersebut
dapat ditinjau dari factor intern yakni dari diri mahasiswa itu sendiri dalam menerima
materi perkuliahan. Baik dilihat dari segi kemampuan berpikir, psikologis, sikap,
serta dari dorongan atau motivasi yang terdapat dalam diri mahasiswa.Persentase
selebihnya adalah factor yang berasal dari luar diri mahasiswa.Dapat dilihat dari
factor ekstern seperti adanya fasilitas, sarana dan prasarana,buku penunjang serta
adanya ruangan yang mendukung proses pembelajaran.Penelitian ini menemukan
bahwa ada sumbangsi yang diberikan oleh Kesulitan belajar terhadap prestasi belajar
mahasiswa di jurusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Gorontalo.
Kata kunci :Kesulitan Belajar, Prestasi Mahasiswa.
Download berkas