SKRIPSI

Penulis / NIM
SARIF PONAMON / 231409033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK Sarif Ponamon, Nim.231409033. 2013. Komparasi Pembelajaran Sejarah ( Studi kasus di SMA Negeri 1 Bolangitang Barat dan Madrasah Aliyah Kaidipang.Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bolangitang Barat dan Madrasah Aliyah Kaidipang. (2) Cara guru di SMA Negeri 1 Bolangitang Barat dan Madrasah Aliyah Kaidipang menyesuaikan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam pembelajaran sejarah.(3) perbedaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bolangitang Barat dan Madrasah Aliyah Kaidipang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang membahas tentang kajian fenomenologis dan diungkapkan secara deskriptif analisis kritis.Teknik analisis interaktif ini memiliki empat komponen analisis yaitu : Pertama pengumpulan data. Kedua reduksi data. Ketiga sajian data. Keempat, Verifikasi/penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bolangitang Barat dan Madrasah Aliyah Kaidipang tidak terlalu jauh berbeda, dari awal proses pembelajaran hingga akhir proses pembelajaran. Seharusnya guru sejarah di SMA Negeri 1 Bolangitang Barat dan Madrasah Aliyah Kaidipang dalam mengajar adalah guru menggunakan macam-macam metode yang tepat dalam mengajar serta menggunakan media yang disesuaikan dengan waktu mengajar, tetapi kenyataan di lapanggan guru sejarah di SMA Negeri 1 Bolangitang Barat dan Madrasah Aliyah Kaidipang hanya sering menggunakan metode yang monoton yaitu guru sering menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan yang membuat siswa tersebut sering keluar masuk pada mata pelajaran sedang berlangsung, guru hanya menegur dan memberi sangsi yang sifatnya mendidik kepada siswa yang sering keluar masuk pada jam mata pelajaran sedang berlangsung serta yang sengaja tidak mengikuti pelajaran dikarenakan kebosanan akan pelajaran sejarah, dikarenakan metode pengajaran yang dilakaukan guru hanya monoton. Kedua, untuk menyesuaikan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam pembelajaran sejarah guru di SMA Negeri 1 Bolangitang Barat merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian selalu memperhatikan standar proses dan standar penilaian, yakni: (1).Megnanalisis, mengambangkan standar kompetensi luusan dan standar isi. (2).Merumuskan visi dan misi serta merumuskan tujuan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan.(3). Berdasarkan SKL,standar isi, visi, misi serta tujuan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan di atas selanjutnya dikembangkan bidang studi-bidang yang akan diberikan untuk merealisasikan tujuan tersebut.(4).Mengambangkan dan mengidentifikasi tenaga-tenaga kepandidikan sesuai kualifikasi yang diperlukan.(5). Mengidentifikasi fasilita pembelajaran yang diperlukan untuk member kemudakah belajar sesuai dengan standar sarana dan prasarana pendidikan yang ditetapkan BSNP. Sedangkan guru sejarah di Madrasah Aliyah Kaidipang berasumsi bahwa, tidak terlalu banyak perubahan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada di sekolah menengah atas di Kabupaten Bolaangmongondow Utara lainya. Alasannya, karena semua materi sejarah disemua tingkatan sekolah setara Sekolah Menegah Atas ( SMA ) itu sama adanya. Ketiga, perbedaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bolangitang Barat dan Madrasah Aliyah Kaidipang hanya terdapat pada alokasi waktu yang diberikan disetiap kelas dan kualifikasi keilmuan guru sejarah itu sendiri. Alokasi waktu yang diberika pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bolangitang Barat lebih banyak dibandingkan dengan Madrasah Aliyah Kaidipang. Dari segi kualifikasi keilmuan, hanya SMA Negeri 1 Bolangitang Barat yang memiliki guru yang berkualifikasi keilmuan sejarah, sedangkan guru sejarah di Madrasah Aliyah Kaidipang berkualifikasi keilmuan PKn. Kata Kunci : Komparasi, Pembelajaran Sejarah.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011